Bank Soal UM-PTKIN dan Pembahasan Lengkap

Ujian Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau lebih dikenal dengan istilah UM-PTKIN, merupakan salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri Islam yang dapat kamu ikuti proses seleksinya untuk masuk T pada tergurse.

Bank Soal UMPTKIN dan Pembahasan Lengkap

Pada Jalur PTKIN atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam terdiri dari Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Islam Negeri atau STAIN.

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ini merupakan program studi izin yang dikeluarkan oleh Kemenag RI atau Kementerian Agama Republik Indonesia.

Peserta seleksi pada jalur UM-PTKIN dapat diikuti oleh siswa yang berasal dari MA, MAK, SMA, SMK, SPM, PDF, PKPPS sederajat.

Dengan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Ijazah atau surat keterangan lulus.

Alur pendaftaran sebagai peserta UM-PTKIN dimulai dengan Pendaftaran Akun, Pengisian Biodata Siswa, Pencetakan Bukti Slip Instruksi Pembayaran (SIP) dan melakukan pembayaran pada Bank yang telah ditetapkan oleh Panitia.

Setelah melakukan pembayaran, silah kan login kembali ke akun UM-PTKIN lalu lakukan beberapa tahapan dengan Pemilihan Program Studi, Cetak Kartu Ujian, unduh Aplikasi SSE untuk ujian.

Pada jalur UM-PTKIN terdiri dari 3 kelompok ujian yakni: Tes Kemampuan Dasar atau TKD yang terdiri dari Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, Al-Quran), Tes Kemampuan IPA dan Tes Kemampuan IPS.

Pada saat pemilihan program studi, kelompok ditentukan berdasarkan pilihan program studi yang dipilih.

Jika peserta memilih program studi IPA pada semua pilihan maka kelompok ujian IPA dan jika memilih program studi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian adalah IPS.

Peserta dapat mengambil piihan program studi minimal 1 prodi dan maksimal 3 pilihan program studi di UM-PTKIN.

Urutan pemilihan program studi pada UM-PTKIN menjadi prioritas pilihan peserta. Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian pada salah satu PTKIN yang ada di Indonesia.

Pelaksanaan UM-PTKIN ini tidak menggunakan kertas, seperti naskah tentang dan lembar jawaban atau lebih dikenal sebagai tanpa kertas melainkan menggunakan Sistem Seleksi Elektronik atau lebih dikenal SSE UM-PTKIN yang menggunakan komputer.

Biaya pendaftaran untuk setiap peserta yang dikenakan sebesar Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah) dan belum termasuk biaya tambahan transaksi Bank Virtual Account.

Berikut Kumpulan Soal UM-PTKIN yang dapat kamu gunakan sebagai bahan Latihan dan pengayaan soal dalam rangka mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri:

Bagikan ke teman-temanmu yang membutuhkan. Mari berbagi untuk semua. Semoga kamu bisa optimal dalam mengikuti UM-PTKIN dan lulus dengan nilai yang memuaskan.

Next Post Previous Post