Jangan Memasang Iklan AdSense di Attachment Page

Attachment Page atau Laman Lampiran mempunyai fungsi utuk menampilkan file yang terupload di website kamu. File-nya sendiri bisa berupa pdf, docx, xlsx, mp3, jpg, dll. Umumnya halaman ini lebih banyak digunakan untuk menampilkan gambar ketimbang file-file yang lainnya.


Setiap halaman yang ada di website pasti diindex oleh Google, fakta ini dimanfaatkan oleh sebagian besar pemain AdSense untuk memperkuat proses indexing website mereka. Orang-orang seperti ini memang kreatif, saking kreatifnya sampai hal-hal yang sebenarnya secara nalar tidak bagus tapi tetap dilakukan, yang penting tidak menyalahi aturan Google, yaitu memasang iklan di Attachment Page.


Mempunyai Attachment Page memang tidak masalah, tidak menyalahi jika dilakukan secara wajar, tapi jika dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak etis, ya Google akan menangkisnya.


Google berkali-kali menyampaikan di berbagai release-nya bahwa konten berkualitas adalah yang utama. Sebenarnya ini sudah final, masalah konten.


Well, Google tidak secara keras melarang Attachment Page, tapi Google melakukannya dengan hal yang lebih fair.


Ini adalah salah satu poin yang disampaikan Google.


Jangan tempatkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis atau laman dengan sedikit konten asli atau tidak berisi asli sama sekali.


Itu berarti tidak ada masalah dengan Attachment Page untuk tujuan indexing, yang dipermasalahkan adalah ketika kamu menampilkan iklan di sana, entah di sidebar ataupun di konten. Karena, Attachment Page termasuk halaman yang otomatis dan miskin konten, deskripsinya sedikit, tidak memiliki bobot sama sekali.


Saya sendiri tidak pernah menampilkan iklan AdSense, selain di halaman dengan konten yang berkualitas. Terkait konten berkualitas bisa baca Apa yang Dimaksud Konten Berkualitas?. Bagi kamu yang masih memasang iklan di Attachment Page, segera copot kalau tidak ingin bermasalah ke depannya atau bisa baca pembahasan ini jika ingin tetap menggunakannya; Apakah Attachment Page Berpengaruh Terhadap SEO?


Sekian.


Next Post Previous Post