Cara Ping Website Supaya Mudah Terindex Google

Di dalam kelas privat, ada banyak pertanyaan-pertanyaan sederhana yang diajukan oleh peserta. Wajar karena memang peserta belum mengenal sama sekali istilah-istilah ini. Salah satu pertanyaan itu adalah bagaimana cara ping artikel?


Apa Manfaat Ping Website?


Sekalian saya bahas agak panjang ya, supaya nyampleng. Ngga afdhol rasanya kalau belajar cara ping tapi ngga ngerti apa saja manfaat dari melakukan pekerjaan satu ini.


Ping sendiri adalah proses yang dilakukan untuk memberitahu website direktori bahwa web kamu mempunyai konten baru atau ada sesuatu yang baru. Selain untuk memberitahu juga diharapkan website direktori yang kita tuju (ping-nya) memperbarui database terkait data-data website kamu.


Google mendominasi 70% pengguna mesin pencari. Artinya jika bicara SEO, sudah cukup bicara Google. Secara teknologi, Google tidak membutuhkan ping. Kecanggihan robot Google mampu crawl website dengan sangat cepat.


Kalau Begitu, Apa Tujuan Ping?


Dalam prakteknya ping tetap dibutuhkan, supaya website kamu ‘menempel’ pada website yang dituju (ping). Setiap kali ada sesuatu yang menempel di website lain, maka sesuatu itu akan menjadi indikator penilaian plus atau minus bagi Google.


Agar proses ‘menempel’ itu bisa lebih cepat, maka ping harus dilakukan.


Ada beberapa website yang menyediakan layanan ping secara cuma-cuma, salah satu yang terkenal adalah Ping-O-Matic milik Autommattic.


Bagaimana Cara Ping?


Cara penggunaannya mudah, tidak perlu saya jelaskan di sini, kamu bisa langsung menuju website utama dan ikuti petunjuknya.


Apakah ping itu wajib? Tidak, tapi direkomendasikan.


Saya pernah menyinggung tentang ping di artikel 5 Cara dan Strategi Mendapatkan Backlink EDU


Next Post Previous Post