Cara Mengetahui Tingkat Kesulitan Kata Kunci

Sebelum memutuskan untuk mengoptimasi kata kunci tertentu, kamu harus terlebih dahulu mengetahui seberapa sulit berebut posisi untuk kata kunci yang dituju. Dari situ akan terukur seberapa besar perjuangan dan tantangan yang harus dilalui untuk menaklukkan page one (halaman pertama Google).


Berikut ini point-point perlu kamu lakukan untuk melihat persaingan kata kunci.


1. Install SEO Moz


Dengan addon atau extension ini, kamu bisa melihat seberapa bagus prestasi sebuah situs di mata Google. Silahkan klik di sini untuk install di Chrome atau Firefox.


Setelah kamu install, akan terlihat Domain Authority (DA) dan Page Autority (PA) di Search Engine Result Page (SERP).


Jika 10 hasil pencarian yang muncul itu terdapat lebih dari 4 situs dengan DA lebih dari 30 dan PA lebih dari 20, artinya sudah lumayan ketat. Tingkat kesulitannya ada di level menengah.


2. Sudah Ada Iklan?


Kalau di SERP sudah ada iklan, apalagi sampai penuh slotnya, kamu tidak perlu berpikir lebih lanjut untuk menaklukkan kata kunci tersebut. Sudah wassalam. Lebih baik cari kata kunci lain.


Gambar di bawah ini adalah contoh kata kunci yang super ketat. Segera minggir dari sini!


ketat


3. Ada Situs Gratisan?


Situs gratisan di sini maksudnya wordpress.com, blogspot.com, facebook.com, youtube.com, dll. Kalau masih ada situs-situs gratisan artinya tingkat persaingan masih sangat mungkin untuk kamu masuki.


4. Berapa Jumlah Kata dari Situs-situs Tersebut?


Fokus saja pada konten yang muncul di peringkat 1, 2 dan 3. Lalu kamu cek manual satu per satu dan hitung ada berapa jumlah kata di konten tersebut menggunakan tools Word Counter. Apakah sudah lebih dari 1.000 atau belum?


Kalau belum lebih dari 1.000 berarti kamu masih ada peluang untuk masuk. Kamu tinggal produksi konten dengan jumlah kata lebih banyak dari mereka. Dan maksimalkan konten yang kamu buat dengan strategi SEO Onpage.


Penutup


Sebenarnya masih ada banyak cara untuk melihat apakah sebuah keyword itu mudah untuk ditaklukkan atau tidak. Tapi dengan 4 variabel di atas insya Allah sudah sangat cukup.


Di Pesantren Sintesa kami menyebut teknik di atas itu dengan istilah fast-scanning. Kalau mau masuk ke keyword yang lebih kompetitif maka wajib dilakukan in-depth-scanning. Kamu bisa belajar lebih serius tentang in-depth-scanning ini di Revorma Premium.


Sekian, semoga mangfangat.


Next Post Previous Post