Cara Mendapatkan Uang dari Google

Bisa ya Google memberikan uang? Jawabannya adalah bisa! Atau mungkin lebih tepatnya, Google bisa membantu kita mendapatkan penghasilan. Nah di sini tinggal terserah kamu ingin menjadikan penghasilan ini sebagai penghasilan utama atau sampingan. Kalau saya, bisnis utama saya memang menyangkut sama internet, jadi Google adalah partner yang membantu jalankan bisnis utama saya.


Oke kita bahas bagaimana Google bisa membantu hasilkan pundi-pundi untuk kita.


Search Engine Optimization


Bisa dibilang cara ini gratis, bisa juga tidak, tergantung tingkat kesulitan keyword. Kalau Keyword terlalu sulit ya harus pakai jasa SEO atau jasa pembuatan backlink.


Bagaimana Search Engine Optimization atau yang biasa disebut SEO ini bisa membantu bisnis kita? Iya, bayangkan seandainya website kita muncul di halaman pertama saat orang mencari informasi tentang Kaos Trafargal Law, kemungkinan besar akan terjadi pembelian melalui kita terhadap produk tersebut.


Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dipasarkan melalui Search Engine, saya pernah membagikan beberapa ide tersebut di tulisan menghasilkan uang dari internet.


Google AdWords


Jika kamu tidak paham bagaimana cara kerja SEO dan ragu dengan kualitas para pemberi jasa SEO (maksudnya tidak yakin apakan si pemberi jasa ini orang yang benar-benar layak untuk diajak kerjasama atau tidak), ada baiknya kamu menggunakan layanan yang diberikan oleh Google, yaitu beriklan di Google melalui Google AdWords.


Google AdSense


Sudah pernah dengan Google AdSense kan? Iya, ini adalah sistem kerjasama bagi hasil antara Google dengan kamu, yang sumber bagi hasilnya diambil dari dana pengiklan di AdWords. kamu sebagai publisher (yang menayangkan iklan di website kamu) akan mendapat persentase sebesar 68% dan Google 32%. Cukup fair lah.


Pekerjaan utama saya sekarang adalah mengelola beberapa website yang dimonetize menggunakan AdSense. Saya memulai mengenal AdSense sejak beberapa tahun lalu, tapi mulai benar-benar fokus menekuni bisnis ini pada pertengahan 2014, tepatnya bulan Agustus. Dari fokus dan tekun itu saya mendapat cukup banyak insight yang pada akhirnya sekarang jadi rumus.


Saya membuat website baru dengan niche yang berbeda, mengembangkannya, dan Alhamdulillah jadi, kemudian buat lagi, buat lagi, buat lagi, dan Alhamdulillah menghasilkan.


Tapi banyak juga orang yang sudah berusaha dengan sangat keras dan hanya mendapat hasil yang tidak sebanding dengan apa yang dia curahkan.


Berbisnis AdSense memang harus mengerti pola dan tahu shortcut. Nah, kalau kamu tertarik ingin mempelajari bagaimana saya bisa menghasilkan $1000 per bulan dari AdSense, bisa buka halaman AdSense Player.


AdMob


Mirip seperti AdSense, hanya saja iklan ditampilkan di aplikasi Android yang sudah lolos ke Google Play. Syaratnya, kamu buat aplikasi dan mendaftarkannya ke Google Play. Jika kamu tidak mengerti bahasa pemrograman sehingga tidak bisa membuatnya, kamu bisa gunakan jasa-jasa yang ada. Saya sendiri belum pernah mencoba dapatkan dolar melalui Google Play, jadi tidak banyak yang saya tahu mengenai hal ini.


YouTube


Kalau AdMob untuk versi mobile application, maka YouTube AdSense untuk konten video. Setiap kali ada pengunjung melakukan klik iklan yang muncul halaman video atau channel kamu, maka kamu akan mendapatkan dolar. Saya juga belum mempelajari hal ini lebih lanjut, jadi bisa kamu telusuri sendiri. Tapi sudah banyak orang yang berhasil mendapatkan uang setiap bulan melalui YouTube.


* * *


Kalau mau ditelusuri lebih lanjut, masih banyak produk Google yang menawarkan bagi hasil, seperti Google Books, Google Apps, dan Google-google lainnya. Tahukah kamu bahwa Google mempunyai lebihd ari 150 produk? Saya juga barusan tahu setelah searching di Google, hehe.


Semoga bermanfaat guys.


Next Post Previous Post