Apa Itu Backlink Berkualitas?

Backlink secara umum sudah banyak yang tahu, yaitu tautan (alamat website) kita yang menempel di website lain. Tapi masih menjadi hal yang abu-abu jika berbicara tentang backlink berkualitas. Yang pasti, memiliki sedikit backlink berkualitas masih lebih bagus ketimbang mengoleksi backlink yang tidak jelas statusnya.


Daripada bingung mendefinisikan, lebih baik langsung saya kasih contoh. Di sini saya menggunakan vatih.com sebagai sample.


Pertama, kamu buka situs Ahrefs, masukkan domain kamu di sana dan lihat berapa backlink yang kamu miliki.


Backlink di Ahrefs
Gambar 1: Statistik di Ahrefs

Kedua, buka Alexa, dan lakukan hal yang sama. Masukkan domain dan lihat sitelink (scroll down ke bawah untuk melihatnya).


Backlink si Alexa
Gambar 2: Statistik di Alexa

Ketiga, kamu bandingkan, kenapa backlink yang muncul di Ahrefs jumlahnya lebih banyak dibanding backlink (sitelink) di Alexa? Pada gambar bisa kamu lihat perbandingannya sangat njomplang. Dari beberapa sumber yang saya baca, Alexa hanya menampilkan backlink berkualitas dari sebuah website, backlink yang tidak memiliki value tidak akan dihitung oleh Alexa (baca: Alexa Sebagai Indikator Utama Melihat Kekuatan Backlink).


Dulu, sekitar tahun 2012, di mana Alexa masih membuka semua statistik atau data sitelink dari sebuah website (tanpa harus upgrade premium), saya bisa melihat bahwa sumber-sumber yang muncul di sana berasal dari website yang memang memiliki reputasi bagus.


Kesimpulannya:



  1. Memiliki 10 backlink berkualitas jauh lebih bagus daripada memiliki 100 backlink ecek-ecek.

  2. Backlink berkualitas bisa didapat melalui website yang sudah punya reputasi mentereng.

  3. Gunakan Alexa untuk melihat seberapa banyak backlink berkualitas yang kamu miliki.

  4. Langganan ke Alexa Premium, tiru backlink dari kompetitor atau website lain, di manapun backlink yang mereka punya, kamu tinggal tiru saja. Masalah selesai.


Mungkin sekarang yang menjadi pertanyaan kamu adalah bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Salah satu jawabannya bisa kamu temukan di sini Mendapatkan Backlink Berkualitas Secara Instant.


Cara Melihat Backlink Berkualitas


Penjelasan di atas adalah versi ngga mau repot dalam melihat backlink berkualitas, cukup mengandalkan Alexa. Karena semua backlink versi Alexa 90% berkualitas.


Di bagian ini saya menjelaskan ciri-ciri sebuah backlink dikatakan berkualitas.



  1. Backlink berasal dari situs dengan Domain Authority (DA) yang tinggi. Ya setidaknya 30.

  2. Kita tidak memberikan backlink balasan pada situs yang sudah memberikan kita backlink.

  3. Backlink berasal dari Profile Backlink.


Tapi balik lagi, kalau ngga mau repot ya cukup langganan di Alexa.


Semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post